cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
ISSN : 25811800     EISSN : 25974122     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023)" : 15 Documents clear
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ASESMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGOLAHAN NILAI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR Sri Suparni; Sarwanto Sarwanto; Ajat Sudrajat
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13119

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan penilaian autentik yang mencakup 3 aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu guru dalam mengolah nilai secara efektif dan akurat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem informasi asesmen yang dikembangkan untuk pengolahan nilai di Sekolah Dasar. Adapun tujuannya untuk menguji dan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem informasi asesmen yang dikembangkan untuk pengolahan nilai di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan R&D model 4D Thiagarajan. Rancang bangun sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan 3 tahapan yaitu Requirements Planning, Workshop Design RAD, dan Implementation. Variabel penelitian mencakup validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem. Pengukuran variabel menggunakan angket dengan skala likert. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan formula V Aiken’s dan momen kappa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa sistem informasi asesmen yang dikembangkan dengan metode RAD memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas sangat baik.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KARANGJATI Risma Ariyanti; Muhamad Taufik Hidayat
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.12965

Abstract

Latar belakang dari penulisan ini yaitu adanya perubahan penerapan kurikulum pada tingkat sekolah dasar dengan kurikulum merdeka. Yang mana guru harus memiliki kesiapan optimal dalam melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan menyimpulkan. Teknik penilaian untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Tingkat pemahaman komponen kurikulum merdeka adalah 50% ( 4 guru) “Sangat paham”, 12,5% ( 1 guru) “paham”, dan 37,5% (3 guru) “kurang paham”. Hasil ini menunjukkan bahwa kesiapan guru termasuk dalam kategori siap dalam pembelajaran Kurikulum 2013. (2) Pemahaman menggunakan platform Merdeka Mengajar adalah 25% (2 guru) “kurang paham” dan 75% (6 guru) “sangat paham”. 
PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Winda Putri Sakinah; Nini Ibrahim
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.14066

Abstract

Abstrak: Membaca merupakan metode pengumpulan informasi yang sangat penting karena dinilai dapat memberikan pengetahuan yang lebih dari metode yang lain. Hal ini sering didengar dan diucap dalam ungkapan yakni membaca merupakan jendela dari dunia, oleh karena itu diperlukan cara membaca yang efisien dan metode SQ3R dapat menjadi opsi. Metode ini belum banyak diterapkan pada siswa Sekolah Dasar, seperti SDN Warakas 03 Pagi. Dengan begitu, tujuan penelitian yang berusaha dicapai adalah untuk menjabarkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV setelah mendapatkan intervensi metode SQ3R dalam pembelajaran. Metode yang telah digunakan adalah quasi eksperimen dan pot test only sebagai desain penelitian. Teknik sampel acak dipilih untuk mewakili populasi dengan baik. Cara menganalisis data di penelitian ini adalah menggunakan uji independent t test. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai 16thitung ">  0.017 dan  ttabel">  0,05. Karena  thitung">  <  16ttabel">  (0,017 < 0,05), Ho di tolak dan Ha diterima, yang diartikan sebagai rerata keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD yang diberikan intervensi berupa metode SQ3R lebih ampuh dari keterampilan membaca pemahaman siswa tanpa intervensi. Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa metode SQ3R memiliki pengaruh kepada keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Warakas 03 Pagi.
ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA SISWA KELAS IV Meidiana Puspita Sari; Khairil Iba
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13868

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penggunaan Media Video Animasi dengan Buku Cerita Bergambar pada hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng pada siswa kelas IV SDN Kampung Melayu 02 Petang. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen yang dilaksanakan di kelas IV SDN Kampung Melayu 02 Petang dengan jumlah siswa sebanyak 30. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes esai, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan diperolah rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media video animasi yaitu 87,7 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan media buku cerita bergambar yaitu 62,3. Berdasarkan  perhitungan harga thitung = 3,1295 serta ttabel = 2,0007 pada taraf signifikan (α) = 0,05 sedangkan dengan derajat kebebasan 58. Oleh karena itu, thitung > ttabel (3,1295 > 2,0007) maka Ho ditolak karena tidak memenuhi kriteria. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara media video animasi dengan media buku cerita.
PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Retno Juliani; Nini Ibrahim
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.14065

Abstract

Membaca teks cerita merupakan materi pelajaran yang dipelajari kepada siswa kelas IV Teks cerita yang disukai anak biasanya di sebut dengan teks cerita fiksi. Walaupun pada umumnya siswa menyukai teks cerita fiksi tetapi masih ada siswa kurang minat dalam membaca teks cerita fiksi, dikarenakan rendahnya keterampilan membaca dan menangkap isi bacaan, rendahnya hasil belajar, kurangnya motivasi dalam meningkatkan minat membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media Flipbook pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV dengan menggunakan metode penelitian “Kuantitatif Eksperimen” type “Quasi Eksperimental (eksperimen semu)” menggunakan bentuk design “Posttest Only Control Group”. Populasi yang menggunakan semua siswa kelas IV, dengan keseluruhan 60 siswa. Dengan prosedur Teknik sampel Non Probability Sampling memakai  kelas eksperimen IVA memakai 30 siswa dan kelas kontrol IVB menggunakan 30 siswa. Dalam memperoleh informasi hasil belajar menggunakan jenis soal pilihan ganda yang baru-baru ini diujicobakan valid dengan rumus korelasinya serta menggunakan SPSS 25. Pengolahan informasi dengan memakai uji validitas , uji homogenitas dan uji t bebas. t hitung diperoleh dari hasil analisis data SPSS yaitu sebesar 0,000. Sedangkan untuk nilai t tabel 0,05. Maka diperoleh hasil 0,000 16<0,05 "> sehingga Ho ditolak dan H1 diterima dapat diketahui pada uji-t tersebut memiliki interpretasi yang sangat rendah. Dapat ditarik inti explorasi ini yaitu terdapat pengaruh media Flipbook kepada hasil belajar bahasa Indonesia tema “Daerah Tempat Tinggalku” siswa kelas IV di SDN Tanjung Priok 04 Jakarta.
ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Lutfiah Hanny; Zaini Dahlan
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.17135

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk mempermudah dalam upaya untuk peningkatan kemampuan membaca pada siswankelas V Sekolah Dasar Mutiara Mencirim dengan menerapkan metode eja pada kegiatan belajar Bahasa Indonesia. Melakukan tes lisan berupa membaca pada siswa yang ada di kelas V  merupakan metode yang dilakukan oleh peneliti dalam mendapatkan sampel dalam kegiatan penelitian biasa disebut dengn metode random sampling. Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas melalui ujian berupa Pre-test dan Post-test. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pengamatan ini yaitu menunjukkan adanya efektivitas yang muncul pada saat menggunakan metode eja dalam upaya untuk menaikkan keahlian dalam membaca para peserta didik pada bidang studi Bahasa Indonesia di kelas V SD Mutiara Sei Mencirim dengan memperlihatkan hasil yang positif. Terdapat nilai yang cukup menonjol yang menunjukkan adanya perbedaan dalam keterampilan membaca sebelum dan setelah digunakannya metode eja melalui perbandingan t yang didapatkan dari kalkulasi (t0 = 13,42) dan besarnya “t” yang terdapat pada tabel nailai t (tt.ts.5% = 2,57 dan tt.ts.1% = 4,03) oleh sebab itu dapat dipahami jika t0 lebih tinggi dari tt,yakni 2,57<11,16>4,03. Dikarenakan t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang di ajukan di awal di tolak, hal ini menunjukkan jika terdapat kontras skor pada kegiatan belajar membaca permulaan sebelum dan setelah digunakannya metode eja yang menjadi akibat terhadap pentingnya atau adanya selisih yang dapat meyakinkan (relevan).
PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR Siti Nuraini; Dyah Lyesmaya; Irna Khaleda Nurmeta
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Elektronik Lembar Kerja Siswa (E-LKS) Geometri berbasis kearifan lokal yaitu kearifan lokal khas Kota Sukabumi, Wayang Sukuraga. Sebagai upaya pelestarian budaya dan pendidikan karakter pada materi geometri untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Tahapan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validitas E-LKS Geometri diukur berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli wayang sukuraga, dan praktisi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki- laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon siswa. Hasil menunjukan E-LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan dengan rata-rata presentase uji validitas sebesar 88,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Valid”. Serta praktis untuk digunakan berdasarkan angket respon siswa terhadap E-LKS dengan presentasi 90,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa E-LKS Geometri yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji kevalidan dan kepraktisan.
PENGEMBANGAN ACTIVITY BOOK BERBASIS STEAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI KELAS 1 SD Ratnasari Ratnasari; Karinta Utami; Dewi Rahayu; Karlimah -; erwin Rahayu saputra
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13673

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan activity book berbasis STEAM sebagai media pembelajaran kelas 1 sekolah dasar pada tema “Diriku” serta mengevaluasi kelayakanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development Model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Populasi penelitian ini adalah 13 siswa kelas 1 di sekolah dasar negeri yang ada di Kabupaten Ciamis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data respon validator maupun pengguna dengan menggunakan rating scale dengan skala 5, kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli menunjukan media activity book berbasis STEAM layak digunakan. Selain itu hasil persepsi peserta didik terhadap media ini menunjukan nilai yang tinggi.Maka dapat disimpulkan bahwa activity book berbasis STEAM yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar pendukung dalam pembelajaran tema “Diriku” pada jenjang kelas 1 SD.
UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022 Amikratunnisyah Amikratunnisyah; Andi Prastowo
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13397

Abstract

Saat ini kurikulum 2013 masih digunakan di berbagai sekolah dasar di Indonesia. Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini didesain untuk mampu mendorong perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai serta tuntutan pendidikan abad 21. Namun, beberapa sekolah salah satunya adalah SDN Inpres Kala dirasa belum mampu beradaptasi sepenuhnya dengan kurikulum 2013 tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum 2013 dalam menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres Kala pada semester genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru bidang studi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif bersifat induktif dimana proses analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres kala sudah diupayakan untuk menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa, mulai dari perencanaan kurikulum 2013 hingga pada perencanaan model pembelajaran tematik oleh kepala sekolah dan guru. Namun, perencanaan kurikulum tersebut belum mampu menumbuhkan keterampilan siswa abad 21 dengan maksimal. Hal ini disebabkan beberapa faktor, kurangnya keterampilan guru kelas dalam menguasai pembelajaran berbasis teknologi informasi, lingkungan belajar siswa, dan kekurangan ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah penunjang perencanaan kurikulum.
YOUTUBE KIDS: SOLUSI MENGURANGI PENGARUH NEGATIF PADA YOUTUBE BAGI ANAK SEKOLAH DASAR Asita Salsabilla Maharani; Mahardika Darmawan Kusuma Wardana
ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/else.v7i1.13516

Abstract

Kemudahan anak-anak mengakses YouTube dengan bebas tidak diimbangi dengan sajian konten yang diberikan. Konten di YouTube berisiko membawa dampak buruk bagi anak. Agar nonton video di YouTube tetap aman tanpa melarang anak diperlukan cara yang bisa dilakukan oleh orang tua. Salah satu cara adalah dengan menyediakan aplikasi yang didalamnya terdapat konten yang aman, sesuai usia untuk anak-anak dan parental control. Aplikasi yang digunakan dapat menghindarkan anak dari segala potensi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data terkait sumber media yang dianggap sebagai solusi untuk mencegah anak-anak terpapar konten negatif di YouTube. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data yang dilakukan dengan mereview semua artikel terkait dengan YouTube Kids yang diterbitkan dalam kurun waktu 2019-2022. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 artikel jurnal ilmiah yang terindeks ke dalam database Google Scholar terindeks SINTA menggunakan aplikasi mendeley dan VOSview. Sehingga dapat disimpulkan bahwa YouTube Kids merupakan solusi untuk mengurangi pengaruh negatif YouTube bagi anak sekolah dasar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15